Senin, 01 April 2013

PERLENGKAPAN HAJI YANG PERLU DI PERSIAPKAN



Perjalanan menunaikan ibadah haji ke tanah suci tidak sekedar butuh kesiapan mental, jasmani, pengetahuan serta bekal taqwa, akan tetapi logistik juga memegang fungsi yang sangat mutlak demi menunjang kelancaran ibadah sewaktu di tanah suci. untuk anda yang sebentar lagi memperoleh peluang panggilan dari Allah untuk menunaikan ibadah haji pastinya telah mulai disibukkan dengan persiapan-persiapan perlengkapan yang yang akan anda bawa ke tanah suci.

Info perlengkapan haji dari sebagian kerabat serta saat manasik juga telah anda peroleh, dari pengalaman-pengalaman saudara-saudara kita yang terlebih dulu menunaikan ibadah haji.
untuk menolong anda di dalam mengingat perlengkapan haji yang bakal anda buat persiapan, di sini saya tuliskan check daftar perlengkapan yang barangkali cocok dengan keperluan anda. pastinya perlengkapan yang dibutuhkan tiap-tiap orang pasti ada perbedaan, tetapi perbedaan tersebut saya rasa tidaklah terlampau menonjol.



    Perlengkapan Doa & Guide , bila buku doa yg dari depag itu repot banget. Ringkaslah doa doa yang memanglah diajarkan oleh rasulullah didalam manasik hajinya. Al Quran, map/atlas, buku doa, buku petunjuk sholat, dan buku bacaan yang semuanya bisa berbentuk fisik (buku) atau digital (aplikasi atau ebook). Akan sangat praktis, jika anda menggunakan yang digital, bisa berbentuk aplikasi web, aplikasi. 
    Perlengkapan Kesehatan secukupnya dikarenakan obat-obatan di petugas haji sering tidak cukup. Obat luka dan plester luka, obat masuk angin, obat antimabuk, obat diare, obat flu, obat sakit kepala, minyak gosok. umumnya, penyakit yang kerap dihadapi disana adalah : batuk, pilek, saluran pernafasan, diare dsbnya.  obat gosok layaknya : vicks, counterpain, obat/salep untuk luka :aloe propolis krim, tensoplast/hansaplast dan lain-lain. serta janganlah lupa obat-obatan dicatat di buku kesehatan haji kita. bila anda memiliki penyakit dengan efek tinggi ( obat-obatan yang lain yang mutlak dibawa bergantung dari keperluan untuk penyakit seperti ambeien, asam urat, darah tinggi, diabetes, asma dsbnya ), maka sebelum berangkat tanyakan obat yang dapat dibawa. suplemen yang saya anjurkan yaitu madu. sekarang ini ada product perlebahan yang mudah dibawa dikarenakan didalam wujud tablet/kapsul. untuk madu cair belilah di mekkah atau medinah dikarenakan madu amat bagus untuk melindungi kesehatan.
    Perlengkapan Pendukung layaknya payung lipat kecil, kacamata hitam ( karena memang kondisi di sana panas terik, agar tidak mudah lepas/jatuh gunakan tali ), masker, sandal dan sepatu sandal, kaos kaki wudhu, sarung tangan, kantong batu, bantal tiup, sprei kecil, alat jahit, ransel.untuk gunting, alat cukur, pisau dimasukkan dibagasi/tas koper besar janganlah dibawa di kabin.
  

    Perlengkapan Mandi  dan Kosmetik sabun cair, sikat gigi  & odol, shampoo, handuk, alat cukur, sabun muka, bedak, lotion atau krim (white diamond, Glysolid atau cream21) baiknya tentukan yang tidak berparfum. krim (Glysolid atau cream21) untuk bibir dan kaki agar tidak kering .Pada waktu ihram benda-benda yang dipakai tidak bisa yang berparfum.
        untuk wanita, janganlah lupa senantiasa sedia pembalut dan panty liner secukupnya.

         Perlengkapan Mencuci : bila tinggal di pondokan mekkah itu area menjemur pakaian umumnya ada di lantai teratas yang hanya berbentuk dak, lantas butuh membawa gantungan baju, jepitan jemuran, tali tambang untuk buat tali jemuran ( dapat beli di lebih kurang pondokan juga ), deterjen ( di sana banyak yang jual juga hanya mahal ), ember beli saja bareng-bareng disana, serta setrikaan utk travel ( bila dapat sih bawa pakaian yang ngga butuh disetrika )
      
    Perlengkapan Makan : gelas kertas serta sendok plastik untuk buat minuman, namun sampah lantas banyak.. hiks.. bila perlu umumnya gelas serta pisau gampang beli disana. saya ngga bawa perlengkapan masak dikarenakan memperoleh catering 3x 1 hari. bawa makanan kering ( abon, kering kentang, kering teri, rendang )
    bawa kopi, teh atau minuman jahe kesukaan.



    Perlengkapan Digitaldan Internet  bawa alat komunikasi HP atau BB dengan nomor Saudi Mobily, Zain atau STC yang bisa digunakan sekaligus untuk langganan internet. Bawa Kamera untuk dokumentasi.
    Perlengkapan Busana gamis atau longdress muslimah (cari yang berkantong agar bisa untung menyimpan jam tangan duit, name tag, atau kaos kaki saat berwudhu), Baju tidur panjang, kerudung instant atau bergo panjang, dalaman gamis, celana panjang/legging, baju dalam, jaket bertopi, kaos kaki thawaf, sajadah sujud .

    Perlengkapan Uang bawalah uang rupiah, riyal secukupnya dan kartu atm berlogo Visa  Perumpamaan barang perlengkapan haji

                Baiknya anda kerjakan check daftar saat memasukkan barang-barang diatas ke koper supaya meyakini tak ada yang tertinggal lagi. bila ada masukan lain yang berguna, anda dapat berbagi di sini supaya pengalaman yang ada dapat berguna sebagai masukan saudara-saudara kita yang dapat menunaikan ibadah haji.yang disebut perlengkapan-perlengkapan yang dibawa saat menunaikan ibadah haji adalah perlengkapan yang ada di cek daftar tersebut beratnya beserta koper lebih kurang 15 kg, dikarenakan memanglah ketetapan dari embarkasi haji barang bawaan saat berangkat tidak bisa melebihi 15 kg. ketetapan ini cukup tegas, dikarenakan banyak ditemui koper yang perlu di buka lagi untuk kurangi berlebihan berat. lantas baiknya sebelum saat koper besar diserahkan ke area pengumpulan yang ditentukan ( umumnya 2 hari sebelum saat tanggal masuk asrama, calon jemaah haji diminta menghimpun koper besarnya namun ada juga yang segera di bawa ke asrama haji bergantung kebijakan ). karenanya supaya tidak repot koper yang sudah diisi cobalah ditimbang dulu, dapat gunakan neraca pegas ( banyak dijual di toko besi harga nya murah lebih kurang 15 ribu kelak dapat digunakan di tanah suci untuk menimbang barang bawaan pulang kita supaya tidak  melebihi 32 kg ) atau timbangan badan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar