Jumat, 19 Juli 2013

Madu, Mengandung Bakteri Namun Tetap Aman Dan Menyehatkan

     Khasiat madu dalam kesehatan tentu sudah tidak diragukan lagi. Berbagai tulisan sudah mengulas mengenai kandungan madu, tak hanya pada masa kini tapi juga dari masa  lampau.
Sekilas mengenai madu, madu merupakan sekresi dari tanaman yang dikoleksi oleh lebah untuk  kemudian dimatangkan dengan menambah berbagai senyawa yang dihasilkan oleh lebah.  Dalam madu terdapat sekitar 95-99% gula sederhana berupa fruktosa dan glukosa. Gula sederhana merupakan gula yang sudah siap untuk diserap oleh tubuh.  Glukosa dan fruktosa pula yang berkontribusi pada  sifat asam pada madu karena penguarain enzimatis dari madu menghasilkan asam glukonik.
      Dalam proses pemanenan madu maupun proses pematangan madu di dalam tubuh lebah, madu terpapar pada berbagai jenis mikroorganisme (kapang, kamir serta bakteri) yang bersumber dari bunga, serbuk sari, kotoran, debu serta dari dalam sistem perncernaan lebah sendiri. Tidak hanya mikroorganisme yang tidak berbahaya yang ditemui dalam madu, tapi mikroorganisme penyebab p enyakit  dan memiliki sporapun  seperti Streptomyces, Enterobacter,  Klebsiella , Bacillus serta Clostridium pun lazim ditemukan.  Memiliki spora menyebabkan mikroorganisme mampu bertahan dalam kondisi ekstrim.
       Dengan berbagai kandungan mikroorganisme yang  jahat dan baik, bagaimana madu tetap aman untuk dikonsumsi  dan bukan merupakan sumber penyakit?  Mikroorganisme secara normal hanya bertahan sealma 8-24 hari dalam madu.  Sedangkan mikroorganisme yang memiliki  spora bertahan sealama 4 hari.  Sifat fisika, biologi dan kimia madu seperti keasaman, tekanan osmosis, peroksida serta phytokimia. Dalam madu ditemukan sekitar 60 jenis antimikroba. Dengan berbagai “senjata” dalam madu,  tak heran bila kita hanya merasakan khasiatnya, tetapi tidak efek samping dari mikroorganisme yang terdapat dalam madu.
         Selesai membaca artikel ini, jangan lupa kunjungi www.bursasajadah.com dan dapatkan barang-barang berkhasiat lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar