Selasa, 26 November 2013

Khasiat Buah Tin

Buah Tin  namanya tercantum dalam Al-Qur`an disamping Buah zaitun.
“Demi (Buah) Tin dan (Buah) Zaitun” (Surat At-Tin, ayat 1),   dst. 
Ayat diatas menandakan  antara lain betapa besar manfaat yang dapat diperoleh  dari Buah Tin. Buah ini  banyak mengandung manfaat, baik pada pohonnya maupun buahnya.
Sebagian orang bahkan percaya kalau Buah Tin (Bahasa Latin: Ficus carica) adalah buah suci dari taman surgawi. Sedangkan literatur sejarah mencatat kalau Buah Tin berasal dari Arab dan sudah ada semenjak 4000 tahun sebelum masehi. Sekarang pohon Tin telah banyak tumbuh dan dibudidayakan secara moderen di negara-negara Timur Tengah, daerah Mediterania bahkan di Indonesia.

 Kandungan Gizi Dan Manfaatnya
  1. Membantu membersihkan racun dlm tubuh.
    Buah Tin mengandung serat (dietary fiber) yang sangat tinggi. Dianjurkan untuk mengkonsumsi Tin secara teratur. Selain dapat membantu membersihkan racun di dalam tubuh, serat terkandung juga mampu mencegah kanker kolon dan penyakit degeneratif lainnya.
  2. Buah Tin mengandung antioksidan yang dapat mengikat senyawa karsinogen pemicu sel kanker.
  3. Tin juga mengandung asam lemak tak jenuh yang dibutuhkan bagi kesehatan, berperan dalam pencegahan penyakit jantung koroner.
  4. Buah Tin rendah lemak, rendah sodium, rendah kalori dan bebas kolesterol sehingga sangat cocok dikonsumsi para penderita diabetes mellitus.
  5. Buah ini  mudah dicerna oleh alat pencernaan, bermanfaat untuk mengobati sulit buang air besar, bermanfaat untuk hati dan limpa.
  6. Buah Tin mengandung  Benzaldehyde yang  terbukti efektif dalam menghambat tumor. Jus Buah Tin pun merupakan minuman yang baik untuk membunuh bakteri merugikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar